Setelah kehilangan gelar Bundesliga 2022/23 karena selisih gol, Borussia Dortmund akan bertekad untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi lebih baik dalam pertandingan pembuka musim mereka melawan Cologne pada hari Sabtu (kick-off: 18:30 CEST).

Terbaru

Dortmund berada di posisi terdepan memasuki hari terakhir musim lalu, tetapi hasil imbang 2-2 di kandang melawan Mainz ditambah dengan kemenangan dramatis Bayern Munich di Cologne membuat gelar Bundesliga pertama sejak 2012 terlepas dari genggaman mereka. Jimat Jude Bellingham pergi ke Real Madrid selama musim panas, tetapi tidak ada indikasi mabuk di pramusim. Pasukan Edin Terzic mengalahkan Manchester United dan Ajax di kedua sisi menahan imbang Chelsea, sebelum mengalahkan tim divisi lima Schott Mainz di putaran pertama Piala DFB. Rekrutan baru Ramy Bensebaini dan Marcel Sabitzer telah masuk, dengan Felix Nmecha juga tampil mengesankan saat diberi kesempatan bersama kapten klub baru Emre Can. Marco Reus adalah orang yang harus minggir, tetapi bisa melanjutkan tim dengan absennya Karim Adeyemi. Sebastien Haller dan Donyell Malen – keduanya sangat mengesankan selama run-in 2022/23 – akan berharap untuk melanjutkan performa bagus mereka setelah mencetak gol di piala.

Cologne mengalahkan Nantes 2-0 dari Ligue 1 dalam pertandingan persahabatan pramusim terakhir mereka, tetapi membutuhkan waktu tambahan untuk mengalahkan Osnabrück dari Bundesliga 2 di piala pada hari Senin. Pensiunnya Jonas Hector merupakan perubahan terbesar bagi tim yang finis di urutan ke-11 musim lalu, sementara gelandang berpengaruh Ellyes Skhiri telah melompat untuk bergabung dengan rival Bundesliga Eintracht Frankfurt. Leart Paqarada telah didatangkan dari St. Pauli Bundesliga 2 untuk mengisi kekosongan Hector di bek kiri, dengan gelandang Florian Kainz sebagai kapten. Tujuh kali penyerang internasional Jerman Luca Waldschmidt adalah wajah baru lainnya yang terkenal di pembuangan pelatih kepala Steffen Baumgart. Tidak tersedia di babak pembukaan piala, Dejan Ljubicic dan Linton Maina tetap diragukan. Steffen Tigges pasti keluar, jadi Davie Selke harus memimpin barisan sekali lagi.

Statistik pertandingan

  • Julian Brandt, Haller dan Malen masing-masing mencetak sembilan gol unggulan tim Bundesliga musim lalu.
  • Dortmund tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan kandang kompetitif, sejak kalah 3-2 dari Werder Bremen pada Matchday 3 Bundesliga 2022/23.
  • BVB hanya kalah sekali dari 19 pertandingan Bundesliga terakhir mereka (4-2 di Bayern pada 1 April 2023).
  • Setelah tujuh gol Skhiri, Kainz menjadi pencetak gol terbaik Cologne berikutnya pada 2023/23 (enam gol).
  • Paqarada menghasilkan 10 assist dalam dua musim terakhirnya di Bundesliga 2.
  • Cologne hanya memenangkan tujuh dari 47 pertandingan tandang Bundesliga ke Dortmund. (D13, L27)

Kemungkinan tim

Dortmund: Kobel – Ryerson, Süle, Hummels, Bensebaini – Sabitzer, Can (c) – Malen, Reus, Brandt – Haller
Absen: Bynoe-Gittens (bahu), Duranville (paha), Meunier (hamstring), Morey (berotot), Reyna (kaki)
Diragukan: Adeyemi (berotot), Nmecha (pergelangan kaki)
Pelatih: Edin Terzic

Cologne: Schwäbe – Schmitz, Hübers, Chabot, Paqarada – Olesen, Martel – Huseinbasic, Waldschmidt, Kainz (c) – Selke
Absen: Katterbach (lutut), Thielmann (lutut), Tigges (bahu)
Diragukan: Ljubicic (pergelangan kaki), Maina (punggung)
Pelatih: Steffen Baumgart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *