Christopher Nkunku akan berharap untuk membantu pemegang RB Leipzig mempertahankan mahkota Piala DFB mereka ketika mereka menghadapi Randal Kolo Muani dan Eintracht Frankfurt di final pada hari Sabtu (kick-off 20:00 CEST).

Terbaru

Leipzig memenangkan pertandingan musim lalu melalui adu penalti melawan Freiburg untuk mengangkat trofi besar pertama mereka, dan setelah merasakan kesuksesan, mereka sekarang kembali lagi. Sisi Marco Rose telah mencapai performa terbaik pada waktu yang tepat juga, dengan kemenangan 4-2 atas Schalke pada hari terakhir musim Bundesliga akhir pekan lalu kemenangan keenam berturut-turut di semua kompetisi, dan kedelapan dalam sembilan terakhir mereka. Nkunku mencetak dua gol melawan Royal Blues untuk berbagi penghargaan pencetak gol terbanyak dengan Niclas Füllkrug dari Werder Bremen dengan 16 gol, dan pemain Prancis yang fit kembali akan memimpin serangan sekali lagi bersama Timo Werner. Memang, mayoritas skuad Leipzig tersedia untuk perjalanan ke Olympaistadion Berlin, dengan kiper pilihan pertama Peter Gulacsi dan striker Andre Silva satu-satunya yang absen.

Frankfurt juga memiliki sebagian besar starter pilihan mereka yang tersedia saat mereka berusaha untuk mengakhiri musim kedua berturut-turut dengan trofi, setelah memenangkan Liga Eropa UEFA tahun lalu. The Eagles membanggakan penyerang Prancis mereka sendiri yang produktif saat mereka berusaha melakukannya: Kolo Muani memiliki lebih banyak keterlibatan gol langsung daripada pemain lain di Bundesliga pada musim 2022/23, mencetak 15 gol dan memberikan 11 assist, termasuk satu dari masing-masing di datang dari belakang kemenangan 2-1 atas Freiburg pada akhir pekan yang memastikan finis di urutan ketujuh dan menjamin sepak bola Eropa musim depan untuk tahun ketiga berturut-turut, terlepas dari hasil final ini. Kapten Sebastian Rode diharapkan kembali ke starting line-up setelah absen pada aksi akhir pekan lalu, sementara Jesper Lindstrom dan Daichi Kamada bersaing memperebutkan tempat di lini tengah serang di samping Mario Götze.

Statistik pertandingan

  • Nkunku telah mencetak 22 gol di semua kompetisi pada musim 2022/23, menembus batas 20 gol untuk musim kedua berturut-turut.
  • Leipzig, yang bertanding di final ketiga mereka dalam empat tahun, berusaha untuk menjadi tim berbeda ketujuh yang memenangkan Piala DFB berturut-turut. Frankfurt adalah salah satunya, setelah melakukannya pada 1974/75 & 1975/76.
  • Sejak kalah di final 2020/21, Die Roten Bullen telah menentukan 10 dari 11 kemenangan piala berturut-turut mereka dalam waktu 90 menit. Mereka memenangkan pertunjukan musim lalu melalui adu penalti.
  • Kolo Muani memiliki enam gol yang memimpin turnamen di kompetisi musim ini, satu lebih banyak dari rekan Leipzig Werner.
  • Kamada, yang akan memainkan pertandingan terakhirnya untuk Frankfurt, adalah satu dari dua anggota tim yang bertahan – bersama rekan senegaranya Makoto Hasebe – yang mengangkat Piala DFB 2017/18 di bawah Niko Kovac.
  • Frankfurt memenangkan satu-satunya pertemuan piala mereka sebelumnya dengan Leipzig 3-1 di babak 16 besar 2019/20. Rekor keseluruhan The Eagles melawan rival Bundesliga mereka saat ini adalah genap: W4, D7, L4.

Kemungkinan tim

Leipzig: Blaswich – Henrichs, Klostermann, Orban (c), Raum – Olmo, Laimer, Haidara, Szoboszlai – Nkunku, Werner
Absen: Gulacsi (lutut), Silva (paha)
Diragukan: –
Pelatih: Marco Rose

Frankfurt: Trapp (c) – Tuta, Hasebe, N’Dicka – Buta, Rode, Sow, Lenz – Lindstrom, Götze – Kolo Muani
Keluar: –
Diragukan: Alario (lutut), Smolcic (lutut)
Pelatih: Oliver Glasner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *